Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Hiasan Natal

Di saat natal tiba, selain bertukar kartu ucapan batik, hiasan atau dekorasi natal dapat kamu buat tanpa harus menguras dompet berlebihan. Setelah pohon natal, kehadiran hiasan natal acapkali dianggap demikian penting dan tak terpisahkan untuk menyambut hari berbagi kasih.

customer batik 1Pada kesempatan kali ini, saya akan memberi pilihan hiasan natal unik yang dapat kamu temukan di sekitar rumahmu tanpa menyakti isi dompet. Cara ini terkenal dengan konsep 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle. Paling penting dalam mengaplikasikan 3R adalah kreativitas karena berkat ide-ide kreatif akan lahir sebuah dekorasi atau hiasan natal yang berasal dari barang bekas dan tidak kalah menarik dengan ornamen yang dijual di toko. Sebaliknya, hasil yang kamu dapat menjadi lebih unik karena unsur kreatif dan sentuhan personal.

D bawah ini tersaji pilihan hiasan unik yang berasal dari barang yang tak terpakai dan mudah kamu temukan di sekitar rumah.

HIASAN UNIK SAAT NATAL

  1. Botol Selai Bekas

Kamu dapat mengalihfungsikan sisa botol selai yang tak terpakai lagi untuk dijadikan snow globe lucu. Yang diperlukan adalah kreativitas, foto keluarga yang suda di-laminating, glycerin, bubuk glitter, lem anti air, hiasan kecil, dan botol selai.

Cara kerjanya sangat sederhana. Cukup merekatkan foto dan hiasan pada tutup selai menggunakan lem anti air. Selanjutnya, isi botol selai dengan air, lalu taburi dengan bubuk glitter sebanyak dua hingga tiga sendok teh di tiap-tiap gelas. Tahap terakhir, silakan olesi bagian tutup stoples menggunakan lem anti air dan rekatkan di badan stoples.

  1. Boneka Salju dari Kaus Kaki

Kalau di lemari pakaianmu terdapat kaus kaki yang tak terpakai lagi, ada baiknya kalau kamu gunakan untuk hiasan natal daripada membeli. Yang perlu kamu sediakan dalam membuat boneka salju dari kaus kaki adalah kreativitas dan kemampuan menjahit.

Cara membuatnya: potong  kaus kaki menjadi dua bagian, tepat di bagian mata kaki. Selanjutnya, kamu perlu mengikat bagian atas kaus kaki yang sudah dipotong pendek. Jika kaus kaki yang kamu potong lebih panjang, jahit rapat salah satu ujungnya. Kemudian isi kedua potongan kaus kaki menggunakan kain dakron hingga mendapatkan kepadatan yang kamu inginkan. Gabungkan kedua potongan dengan cara kamu jahit. Semisal di lemarimu masih ada baju berpola yang tidak terpakai, silakan di alih fungsikan sebagai syal di leher snowman dengan cara memotong bagian baju.

  1. Dekorasi Natal dari Koran Bekas

Di rumahmu koran-koran menumpuk dan entah akan diapakan? Jangan biarkan koran-koran tersebut menumpuk dan tak berguna. Kamu bisa menggunakan koran bekas sebagai bahan pembuat karakter, seperti Santa Claus dan lonceng.

Cara pembuatannya terbilang mudah. Diawali dengan membuat kumpulan koran menjadi pulp (bubur kertas). Selain koran bekas, sediakan mangkuk, blender, air, papan kecil, handuk, tali kecil, gunting, pelubang kertas, dan spidol warna-warni. Sobek koran bekas hingga berukuran kecil, lalu masukkan ke mangkuk. Tambahkan air , kemudian remas sobekan hingga lembut dan masukkan ke dalam blender agar air dan kertas menyatu sempurna. Setelah tampak menyatu, letakkan hasil blender-an di atas handuk, lalu peras airnya. Setelah memeras, letakkan bubur kertas di atas apa kecil, jemur hingga kering. Apabila bubur kertas kering, kamu dapat menggambar pola yang diinginkan, lantas gunting sesuai pola. Warnai karakter sesuai keinginanmu, sebisa mungkin dibuat menarik, kemudian lubangi sedikit bagian di atasnya. Gunting tali, masukkan ke lubang yang kamu buat tadi, dan ikat dengan kuat.

Nah, setelah selesai membaca artikel tentang hiasan dan dekorasi, serta cara membuatnya. Semoga di hari natal nanti kamu dapat membuat hiasan natal unik tanpa harus membeli. Alih-alih memanfaatkan barang yang tak terpakai untuk dijadikan hiasan yang bernilai kreatif.

 

 

, ,

The First Handmade Thermography Batik in the World
BATIK 76 THE SPIRIT OF NUSANTARA

Online Jakarta, 06 July 2013 – 2016

Copyright © 2013 - 2024 Batik76.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X